SEJARAH SINGKAT

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Garut (hasil wawancara dengan sesepuh Madrasah Bapak Drs. Ma’mur RohendiAllahummaghfirlahu, 2015) semula adalah Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Darul Fitri yang didirikan pada tahun 1987 diprakarsai oleh ketua yayasan Darul Fitri Bapak Drs. Djajan Abdul Manaf dengan kepalanya yang pertama Bapak H. Abdul Matin, BA. yang berlokasi di jalan Moh. Hakim RT. 01 RW. 02 Desa Paas Kecamatan Pameungpeuk Kabupaten Garut.

yang menjadi latar belakang didirikannya MAS Darul Fitri adalah kebutuhan masyarakat akan lembaga pendidikan setingkat SLTA yang berasaskan islam, yang mana pada saat itu lulusan SLTP yang mau melanjutkan ke Madrasah Aliyah mereka karus pergi ke kota, yaitu kota Garut yang berjarak sekitar 100 km dari kecamatan Pameungpeuk, berarti mereka harus meninggalkan kampung dan keluarga juga yang lebih berat bagi mereka adalah beban biaya yang harus dikeluarkan.

MAS Darul Fitri dengan kepala Bapak H. Abdul Matin, BA. tidak berlangsung lama hanya dua tahun saja yakni sampai tahun 1989 selanjutnya kepala madrasah digantikan oleh Bapak. Moh. Tamimi BA., sampai tahun berubahnya  status MAS Darul Fitri menjadi Madrasah Aliyah Negeri Pameungpeuk, yaitu tahun 1996. yang melatar belakangi perubahan status dari MAS Darul Fitri menjadi MAN Pameungpeuk adalah dua hal berikut :

Pertama, kebutuhan pemerintah untuk memajukan bidang pendidikan agama berbasis sekolah, yaitu mendirikan madrasah setingkat SLTA yang berstatus Negeri di tiap kecamatan dengan disesuaikan animo masyarakat yang memadai -karena buktinya tidak setiap kecamatan didirikan Madrasah Aliyah Negeri- melalui kemenag atau Depag pada saat itu, hanya didirikan tiga Madrasah Aliyah Negeri saja di Kabupaten Garut yakni MAN Pameungpeuk, MAN Cisewu dan MAN Cibatu setelah MAN 1 dan MAN 2 Garut yang telah lama berdiri.

Kedua, sehubungan dengan Madrasah Aliyah Swasta Darul Fitri yang pengelolaannya oleh Yayasan Darul Fitri, pada waktu itu Ketua Yayasan Bapak Drs, Djajan Abdul Manaf keadaannya sudah sakit-sakitan sehgingga beliau bersedia MAS Darul Fitri diajukan menjadi Madrasah Aliyah Negeri Pameungepuk, maka dengan kesamaan pemahaman antara pemerintah melalui Kemenag/Depag waktu itu dengan pengurus yayasan dan pengajuan pihak madrasah maka berdirilah Madrasah Aliyah Negeri Pameungpeuk Kabupaten Garut pada tahun 1996 dengan kepalanya yang pertama Bapak Drs. H. Makinadin.

pada tahun 1999 MAN Pameungpeuk pindah  ke lokasi baru yang lebih luas dan strategis di Kp. Medong tepatnya Jalan Raya Miramareu No. 361 Desa Sirnabakti Kecamatan Pameungpeuk Garut sampai dengan sekarang. pada tahun 2007 terjadi pergantian kepala madrasah pertama Bapak Drs. H. Makinadin oleh Ibu Dra. Ida Farida sampai tahun 2011 selanjutnya diganti oleh Bapak Drs. H. Gozali, kepemimpinan Bapak Drs. H. Gozali tidak berlangsung lama, berselang satu tahun digantikan lagi oleh Bapak Drs. Nandang tahun 2012 sampai 2017, bertepatan dengan perubahan nama madrasah menjadi MAN 3 GARUT kepala madrasah pun terjadi pergantian lagi dengan  kepala madrasah baru yang tidak lain dan tidak bukan adalah kepala madrasah ke dua Ibu Dra. Ida Farida yang baru dilantik beberapa minggu terakhir ini.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s